Abstrak: Penelitian ini berfokus pada pengembangan media pembelajaran multimedia berbasis animasi Adobe After Effect untuk mengatasi minimnya pemahaman siswa kelas 5 SD Negeri Paron terhadap materi sistem pernapasan manusia . Penggunaan media pembelajaran yang terbatas pada gambar dan sumber belajar yang kurang variatif menjadi penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang meliputi Analysis yang melibatkan analisis kerja dan analisis kebutuhan, Design mencangkup pembuatan rancangan multimedia, Development melibatkan uji coba awal, Implementation merupakan uji coba luas, dan Evaluation mencakup hasil uji coba dan evaluasi media serta implikasinya. Instrument penelitian meliputi pedoman wawancara, angket, dan soal tes evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia berbasis animasi Adobe After Effect yang dikembangkan didapatkan presentase akumulasi kevalidan 93% dengan kategori sangat valid. Presentase akumulasi kepraktisan memperoleh skor rata-rata sangat praktis93,5% dengan kategori sangat praktis. Presentase keefektifan memperoleh skor presentase akumulasi 94% dengan kategori sangat efektif. efektif meningkatkan hasil belajar siswa dengan ketuntasan klasikal mencapai 100%. Kesimpulannya, Mmultimedia berbasis animasi Adobe After Effect pada materi sistem pernapasan manusia kelas 5 SD terbukti valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran, sehingga dapat menjadi solusi untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi tersebut.Abstract: The use of learning media that is limited to images and less varied learning resources is the cause of low student learning outcomes. The purpose of this study is to produce valid, practical, and effective learning media. The research method used is Research and Development (R&D) with the ADDIE model which includes Analysis involving work analysis and needs analysis, Design covering the creation of multimedia designs, Development involving initial trials, Implementation is a broad trial, and Evaluation includes the results of trials and evaluation of media and their implications. The research instruments include interview guidelines, questionnaires, and evaluation test questions. The results of the study showed that the developed Adobe After Effect animation-based multimedia obtained an accumulated validity percentage of 93% with a very valid category. The accumulated practicality percentage obtained an average score of 93.5% with a very practical category. The effectiveness percentage obtained an accumulated percentage score of 94% with a very effective category. Adobe After Effect animation-based multimedia on the human respiratory system material for grade 5 elementary school has proven to be valid, practical, and effective for use in learning, so it can be a solution to improve students' understanding of the material.
Copyrights © 2024