Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan gadget terhadap minat belajar peserta didik. Jenis penelitian yang dipergunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif jenis korelasi. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VI pada SDN 1 Tangkil yang berjumlah 51 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan berupa kuesioner yaitu angket penggunaan gadget serta minat belajar siswa, untuk uji validitas menggunakan rumus Pearson Product Moment dan uji reliabilitas memakai rumus Cronbach’s Alpha menggunakan bantuan SPSS 29.0 for Windows. Selanjutnya uji signifikansi menggunakan uji t dengan nilai thitung sebesar 3,835 serta ttabel sebesar 2,009, sehingga didapatkan nilai thitung > ttabel serta nilai signifikansi sebesar 0,001 yang nilainya lebih kecil dari 0,05, sebagai akibatnya dapat dinyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Sumbangan dampak yang diperoleh dari uji koefisiensi hubungan ialah 23,1%, sedangkan 76,9% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain atau faktor lain yang tidak dibahas pada penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan dengan korelasi sedang antara penggunaan gadget (X) dan minat belajar siswa (Y).
Copyrights © 2024