Rendahnya kemampuan guru dalam menggunakan ICT ini dapat dilihat dari (1). Masih seditkit guru yang mengetahui cara mengoperasikan komputer serta memahami fungsi dari setiap komponen yang ada di dalam komputer. (2). Kurangnya pengetahuan guru tentang pemilihan software yang sesuai untuk digunakan dalam pembelajaran. (3) Kurangnya pengetahuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran melalui komputer dan software yang digunakannya. (4) Kurangnya pemahaman guru mengenai perbedaan perannya di dalam pembelajaran yang menggunakan komputer dibandingkan dengan pembelajaran secara konvesional. (5). Kurangnya pengetahuan guru tentang cara – cara mengatasi masalah yang akan timbul ketika menggunakan komputer dalam pembelajaran. (6). Masih Sedikit guru yang peka terhadap perkembangan teknologi terkini dan produk – produk terbaru untuk memperluas wacana dan wawasannya tentang perkembangan teknologi pembelajaran terkini. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan fenomenalogi. Adapun instrument penelitian ini dapat dilihat pada buku Sugiyono yang mengemukakan bahwa dalam penelitian kualitatif, yang menjadi instrument atau alat peneliti adalah peneliti itu sendiri. Berdasarkan hasil temuan penelitian dapat dikemukan bahwa cara menyusun program pembelajaran dengan menggunakan media komputer antara lain (1) guru memiliki landasan dalam penggunaan media komputer, (2) menyusun materi pelajaran berdasarkan silabus dan RPP mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, (3) Memperhatikan isi slide power point dan video yang akan disampaikan harus menarik dan tidak mengandung unsur SARA. untuk itu maka guru perlu memiliki kemampuan untuk mengoperasionalkan komputer dan memilih software yang sesuai untuk digunakan dalam pembelajaran. Proses pembelajaran dengan menggunakan komputer sebagai media pembelajaran diawali dengan absensi siswa, kemudian guru memberikan pengantar melalui slide power point kemudian masuk pada inti materi. Setelah menjelaskan inti materi guru juga membuat kelompok diskusi dan pada akhir pembahasan guru menampilkan video yang berkaitan dengan materi untuk mendukung penjelasan dan contoh yang sudah guru jelaskan.
Copyrights © 2024