SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains
Vol 10, No 1 (2024): SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains

Reduksi Miskonsepsi dan Peningkatan Pemahaman Siswa Tentang Hidrolisis Garam Melalui Interactive Instructional

Isnaini, Siti (Unknown)
Habiddin, Habiddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Dalam penelitian ini, Interactive instructional diimplementasikan untuk mengurangi miskonsepsi dan meningkatkan pemahaman siswa pada materi sifat asam basa larutan garam. Desain pra-eksperimen dengan satu kelompok pretest-posttest yang melibatkan 36 siswa dari sebuah Sekolah Menengah di Batu, Jawa Timur diterapkan pada penelitian ini. Instrumen four tier dengan 5 skala confidence ratings (tingkat kepercayaan) digunakan untuk pengumpulan data. Kontribusi positif interactive instructional ditunjukan dengan adanya peningkatan pemahaman siswa serta berkurangnya miskosepsi siswa pada topik tersebut setelah perlakuan. Hasil ini merupakan indikasi yang kuat bahwa metode pembelajaran ini adalah potensial untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam materi kimia yang lain serta mengurangi peristiwa miskonsepsi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

spek

Publisher

Subject

Astronomy Chemistry Education Physics

Description

The Spektra: Jurnal Kajian Pendidikan Sains is dedicated to all science practitioners about studies and research of science. Various topics that can be accepted in this journal are: Physics Education, Chemistry Education, Biology Education, Media Development and Learning, Model Evaluation and ...