Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 9 No. 3 (2024): September

Sosialisasi Mendesain Rancangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Melalui Komponen Utama: Tujuan, Bukti Penilaian, Kegiatan Belajar

Yantoro, Yantoro (Unknown)
Sholeh, Muhammad (Unknown)
Hidayat, Akhmad Faisal (Unknown)
Zahyuni, Violita (Unknown)
Khoirunnisa, Khoirunnisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2024

Abstract

Lokakarya tentang merancang perangkat kurikulum untuk implementasi Kurikulum Merdeka bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pendidik dalam menciptakan alat pembelajaran yang efektif dan komprehensif. Inisiatif ini menangani kebutuhan pendekatan yang terstruktur dalam desain kurikulum, memastikan keselarasan dengan standar dan tujuan pendidikan. Metodologi yang digunakan meliputi sesi interaktif, kegiatan kelompok kolaboratif, dan latihan praktis, yang memfasilitasi pengalaman langsung dan pembelajaran bersama. Peserta menunjukkan pemahaman dan keterampilan yang meningkat dalam desain kurikulum, seperti yang dibuktikan oleh penilaian sebelum dan sesudah lokakarya. Hasil dari lokakarya ini menunjukkan dampak positif terhadap kemampuan pendidik untuk merancang dan mengimplementasikan perangkat kurikulum, yang berkontribusi pada peningkatan keseluruhan proses pendidikan dalam kerangka Kurikulum Merdeka. Penelitian lebih lanjut direkomendasikan untuk mengeksplorasi efek jangka panjang dan skalabilitas program pelatihan serupa. Socialization of Designing Independent Curriculum Learning Devices Through Main Components: Objectives, Assessment Evidence, Learning Activities Abstract The workshop on designing curriculum devices for Merdeka Curriculum implementation aimed to enhance educators' competencies in creating effective and comprehensive learning tools. This initiative addressed the need for a structured approach to curriculum design, ensuring alignment with educational standards and objectives. The methodology included interactive sessions, collaborative group activities, and practical exercises, facilitating hands-on experience and peer learning. Participants demonstrated improved understanding and skills in curriculum design, as evidenced by pre- and post-workshop assessments. This workshop's outcomes indicate a positive impact on educators' ability to design and implement curriculum devices, contributing to the overall improvement of the educational process within the Merdeka Curriculum framework. Further research is recommended to explore long-term effects and scalability of such training programs.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

linov

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Social Sciences

Description

Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat | Lumbung Inovasi: Journal of Community Service (ISSN: 2541-626X) is an open access scientific journal that publish community service and empowerment articles. This journal published twice a year (bianually) in May and ...