MANASA, Jurnal Ilmiah Psikologi
Vol. 12 No. 2 (2023): Desember, 2023

DIFFERENCES IN ASSERTIVE COMMUNICATION OF YOUNG ADULTS WITH FOUR DIFFERENT TYPES OF PARENTING IN JABODETABEK

Janice (Unknown)
Purwanti, Margaretha (Unknown)
Aisyah, Aireen Rhammy Kinara (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2024

Abstract

Hubungan dalam keluarga merupakan faktor penting dalam perkembangan individu. Pada saat individu memasuki masa dewasa muda, dibutuhkan kemampuan untuk melakukan komunikasi secara asertif guna beradaptasi menghadapi lingkungan yang baru. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi asertif dewasa muda dilihat dari jenis pola asuh orang tuanya. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan uji Kruskall-Wallis. Partisipan penelitian ini berjumlah 147 orang. Peneliti membuat alat ukur yang mengacu pada teori pola asuh orang tua dari Baumrind (1971) dan alat ukur Functional Assertiveness Scale (FAS) oleh Mitamura (2017). Populasi dalam penelitian ini adalah dewasa muda usia 20 sampai 39 tahun yang berdomisili di Jabodetabek. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik convenience sampling. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan pada kemampuan komunikasi asertif dewasa muda di Jabodetabek ditinjau dari jenis pola asuh orang tuanya. Pada penelitian ini ditemukan skor cukup tinggi pada kemampuan komunikasi asertif dewasa muda di Jabodetabek. Selain itu, ditemukan bahwa laki-laki memiliki kemampuan berkomunikasi asertif lebih tinggi dibandingkan perempuan melalui metode nonparametrik Mann-Whitney U Test. Saran penelitian ini adalah meneliti dewasa muda di luar Jabodetabek. Hal ini karena dugaan terkait nilai budaya conformity atau kepatuhan yang lebih tinggi pada wilayah rural di Indonesia.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Manasa

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

AIMS AND SCOPE Manasa publishes papers that focus on understanding human behavior as individuals and groups which include in any organization/school/community setting in regard to their personality, emotions, cognition, behavior, and any other psychological aspects and processes, ranging from ...