Secara umum penjualan dapat dilakukan dengan dua cara yaitu penjualan secara tunai (cash sales) dan penjualan secara kredit (credit sales). Melalui penjualan secara kredit, maka akan timbul suatu akun yang dikenal dengan piutang (account receivable). Cara untuk menentukan Efektivitas piutang dapat menggunakan dua ukuran yaitu tingkat perputaran piutang (turnover receivable) dan rata-rata piutang. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah pengelolaan manajemen piutang pada PT. Electronic City Indonesia Tbk sudah efektif. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan metode analisis data yang digunakan metode deskriptif. Sumber data pada penelitian ini ialah data sekunder yang berasal dari laporan keuangan perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan mengindentifikasi kinerja dan kebijakan pengelolaan piutang yang dilaksanakan oleh perusahaan PT. Electronic City Indonesia Tbk sudah efektif atau belum efektif. Berdasarkan hasil pengujian didapat kesimpulan bahwa pengelolaan manajemen piutang pada PT. Electronic City Indonesia Tbk periode tahun 2020-2022 masih belum efektif, rata rata piutang di periode penelitian tersebut naik dan perputaran piutang 3 periode menunjukkan di bawah angka standar. Perusahaan juga masih belum mampu memenuhi kewajiban yang harus dipenuhi dengan aktiva lancar yang dimiliki. Adanya pengelolaan efektif dan efisien mampu membuat perusahaan memperoleh laba lebih banyak dari tahun ke tahun.
Copyrights © 2024