Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu
Vol. 2 No. 3 (2024): GJMI - MARET

Strategi Komunikasi Pemasaran Radio Kardop 99.4 FM Medan Dalam Meningkatkan Minat Pemasang Iklan

Ineke Fadhillah (Unknown)
Anang Anas Azhar (Unknown)
Indira Fatra Deni (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Mar 2024

Abstract

Radio Kardopa merupakan salah satu radio yang masih eksis dalam dunia penyiaran di era digital seperti saat ini. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran Radio Kardopa dalam meningkatkan minat pemasang iklan. Penelitian ini menggunakan mix marketing dan teori new media. Jenis penelitian, yaitu penelitian kulaitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data berupa sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi secara langsung dalam pelaksanaan strategi komunikasi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran radio kardopa dalam meningkatkan minat pemasang iklan adalah menggunakan media sosial seperti youtobe, live streaming, facebook, instagram dan tiktok, membuat program yang menarik, paket sponsor, proposal yang menarik dan tim solid. Faktor pendukungnya adalah Radio Kardopa memiliki prestasi pendengar terbanyak di Sumatera Utara dan tim yang solid. Sedangkan faktor penghambatnya adalah harga yang cukup mahal dan paket sponsor tidak sesuai dengan pemasang iklan. Solusinya adalah berusaha, berdoa, dan selalu konsisten berkomunikasi dengan klien-klien. Keberhasilan yang diraih yaitu meningkatkan billing iklan menjadi paling tinggi disbanding Radio lain di Sumatera Utara dan mendapatkan pemasang iklan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

gjmi

Publisher

Subject

Religion Aerospace Engineering Arts Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Earth & Planetary Sciences Economics, Econometrics & Finance Education Public Health Social Sciences Other

Description

Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu (GJMI) adalah sebuah publikasi yang melayani sebagai wadah bagi penelitian interdisipliner dan kolaboratif di berbagai bidang ilmu. Jurnal ini memperoleh keunggulan dengan mencakup berbagai disiplin ilmu, seperti ilmu sosial, hukum, pertanian, pendidikan, ekonomi, ...