Penelitian ini menjelaskan konsep internalisasi nilai-nilai moderasi beragama pada pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMA Negeri 1 Rumbia, Lampung Tengah. Moderasi beragama sangat penting diterapkan didalam kehidupan sehari-hari untuk menjunjung tinggi persatuan, kemaslahatan, kebaikan dan perdamaian dunia. Salah satu upaya dalam membentuk moderasi beragama dapat di aplikasikan melalui pendidikan yakni memasukkan nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif lapangan dengan menggunakan metode deskriptif analitis. Adapun teknik pengumpulan data penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan responden penelitian ini ditunjukkan kepada guru PAI & budi pekerti dan siswa SMA Negeri 1 Rumbia Lampung Tengah. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dapat dikembangkan melalui pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti, kemudian dapat diterapkan melalui pembinaan keagamaan yang dilakukan melalui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti sehingga yang pada akhirnya terbentuk sikap moderasi beragama dalam diri peserta didik.
Copyrights © 2024