cover
Contact Name
nurwahyudi
Contact Email
lp2m@staimaarifkalirejo.ac.id
Phone
+6285658937781
Journal Mail Official
sahroni@staimaarifkalirejo.ac.id
Editorial Address
Jl. Jendral Sudirman No. 50 Kaliwungu, Kalirejo, Lampung Tengah, Lampung 34174
Location
Kab. lampung tengah,
Lampung
INDONESIA
MindSet : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
ISSN : -     EISSN : 28288009     DOI : 10.58561
Core Subject : Education,
MindSet : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam adalah media publikasi ilmiah peer-review yang berfokus pada hasil penelitian di bidang Ilmu Manajemen Pendidikan , Manajemen dan Pendidikan . Jurnal ini diterbitkan oleh STAI Ma`arif Kalirejo Lampung Tengah dengan EISSN : 2828-8009 dan terbit berkala dalam dua kali setiap tahun pada Maret dan September.
Articles 38 Documents
Manajemen Pembiayaan Pendidikan Perspektif Al-Quran Ahmad Noor Islahudin; Nina Ramadhani Wulandari
MindSet : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Volume 1 Nomor 1 Maret 2022
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Ma`arif Kalirejo Lampung Tengah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1122.902 KB) | DOI: 10.58561/mindset.v1i1.24

Abstract

Untuk tercapainya tujuan pendidikan dan mutu sekolah yang baik, maka biaya pendidikan harus dikelola sebaik-baiknya dengan optimal, efektif, efisien, dialokasikan dan didistribusikan sesuai dengan kebutuhan, sistematis, komprehensif dan menggunakan strategi. Pembiayaan pendidikan meliputi: perencanaan anggaran pendidikan, pembiayaan pendidikan, pelaksanaan anggaran pendidikan, akuntansi dan pertanggung jawaban keuangan pendidikan, serta pemeriksaan dan pengawasan anggaran pendidikan. Pengawasan penggunaan anggaran pendidikan adalah merupakan aktivitas-aktivitas memonitor/ monitoring, memeriksa/ auditing, mengevaluasi/ evaluation, dan melaporkan/ reporting penggunaan anggaran. Model sistem manajemen pembiayaan pendidikan perspektif al-Quran yaitu; (a) Input manajemen pembiayaan pendidian yang bersifat rabani, yaitu bersumber dari al-Quran yang merupakan firman Allah Swt. (b) Proses manajemen pembiayaan pendidikan dengan perencanaan anggaran pendidikan yang żū baṣīroh (visioner), akuntansi yang musāalah (akuntabilitas) dan pengawasan yang manḥajī (sistematis). (c) Output manajemen pembiayaan pendidikan adalah ubudiah dan akhlaki. Ubudiah berarti bernilai ibadah, sedangkan akhlaki berarti di dalam semua kegiatan manajemen pembiayaan pendidikan terdapat nilai-nilai akhlak, baik akhlak kepada sang Maha Pencipta maupun akhlak kepada sesama makhluk hidup.
Implikasi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Pengembangan Karakter Siswa Sekolah Dasar Anggi Septia Nugroho; Muslim Bayar; Mashdaria Huwaina
MindSet : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Volume 1 Nomor 1 Maret 2022
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Ma`arif Kalirejo Lampung Tengah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (675.285 KB) | DOI: 10.58561/mindset.v1i1.25

Abstract

Competition in the world of education is increasingly inevitable as a result of globalization. Educational marketing can be a breakthrough for problems that are a burden on the minds of an institution today. The quality of graduates is more in the spotlight in the realm of Education. Graduates are a reflection of whether or not the school where he received his education. Currently, the 2013 curriculum has developed which emphasizes character building. Graduates of schools/Educational Institutions must have a predetermined character. The 1945 Constitution explains that education must form students who, among others, believe in one God and have noble character. The purpose of this study is twofold, first to find out the implementation of marketing management of educational services in SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung, and second to find out its implications for the character development of students at SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung. The research method used is qualitative with a descriptive qualitative approach. To obtain data, researchers used observation, interviews, documentation and triangulation. While in data analysis using data reduction, data display and conclusions. Based on research using data collection and data analysis tools, the results obtained that the implications of service marketing management on the character development of students at SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung are as follows; 1) Exemplary, 2) Habituation, 3) Cultivating Discipline, 4) Discussion, and 5) Giving punishment.
Implementasi Pendidikan Multikultural Dalam Upaya Mengembangkan Sikap Toleransi Santri Di Pondok Pesantren Muhamad Asror
MindSet : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Volume 1 Nomor 1 Maret 2022
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Ma`arif Kalirejo Lampung Tengah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (754.648 KB) | DOI: 10.58561/mindset.v1i1.26

Abstract

Kondisi masyarakat Indonesia yang plural baik dari segi suku, ras, agama dan status sosial memberikan kontribusi yang besar terhadap perkembangan dan dinamika dalam kehidupan berbangsa. Indonesia merupakan salah satu negara multikultural terbesar di dunia. Dalam hal imi, Pondok Pesantren dapat dijadikan altenatif dalam mentransformasikan nilai-nilai multikultural. Hal ini dikarenakan Pondok Pesantren memiliki semangat persaudaraan (ukhuwah) dalam interaksi antara sesama anggota pesantren. Kehidupan di pesantren diliputi suasana persaudaraan yang akrab, sehingga segala kesenangan dirasakan bersama, dengan jalinan perasaan keagamaan. Tidak ada penyekat yang memisahkan antara warga pesantren, walaupun mereka berbeda aliran, baik politik, sosial, dan ekonomi. Tesis ini berupaya mengkaji tentangpermasalahan yang dihadapai dalam implementasi pendidikan multikultural diPondok Pesantren, meliputi: materi yang diajarkan, metode yang digunakan dan interaksi di Pondok Pesantren. penelitian menggunakan penelitian kulitatif lapangan (fieldresearch), pengumpulan data menggunakan wawancara, dan analisa data menggunakan teknik analisa data kualitatif berdasarkan teori MilesandHuberman yang terdiri dari tiga tahap, yaitu: data reduction, data display dan conclusion/verivication. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bentuk Penddikan multikultural di Pondok Pesantren RiyadlatulUlum, Darul Ulum, dan Darussalamah di Kabupaten Lampung Timur dilakukan dalam bentuk penempatan santri yang berbeda latar belakang etnis, budaya, dan ekonomi dalam satu asrama yang heterogen. Kondisi tersebut memungkinkan santri memahami perbedaan budaya, dan bahasa, dan mendorong timbulnya rasa kebersamaan dan penerimaan terhadap santri lain. Materi pelajaran berbasis multikultural di Pondok Pesantren RiyadlatulUlum, DarulUlum dan Darussalamah dapat dilihat dari materi tentang ahlussunnahwaljama’ah (Aswaja), yang mengedepankan sikap tawasuth (moderat), i`tidal (proposional), tasamuh (toleran), dan tawazun (seimbang). Selain itu materi yang berbasis multikultural dijarkan dengan menjelaksan tentang ayat dan Hadis yang menekankan pentingnya ukhuwah (persaudaraan), baik ukhuwah Islamiyyah, maupun ukhuwah basyariyyah. Metode pembelajaran yang diterapkan diantaranyabahtsulmasailfiqhiyyah, yaitu forum diskusi masalah-masalah fiqh. Diskusi semacam ini dapat menjadikan pembelajaran bagi santri agar dapat berisikap demokratis dan menghargai pendapat orang lain.Interaksi sosial  di Pondok Pesantren RiyadlatulUlum, DarulUlum dan Darussalamah menggambarkan komunitas yang plural, yang didasarkan pada nilai-nilai akhlakulkarimah. Melalui pendidikan pesantren yang multikultural, sikap dan pemikiran akan lebih terbuka untuk memahami dan menghargai keberagaman budaya.
Islamic Education Learning Management Based on Religious Moderation Values Mualimul Huda
MindSet : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Volume 1 Nomor 1 Maret 2022
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Ma`arif Kalirejo Lampung Tengah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (789.634 KB) | DOI: 10.58561/mindset.v1i1.27

Abstract

Learning management is needed to optimize learning activities and achieve learning objectives. Through Islamic religious education (PAI) learning, students are directed to be able to actualize religious understanding in everyday life with a religious, multicultural, tolerant, and moderate attitude within the framework of the Indonesian nation and state. One of the efforts is to internalize the values ​​of religious moderation in Islamic religious education learning. The purpose of internalizing the values ​​of religious moderation is to increase students' understanding, practice tolerance, mutual respect, have a national commitment, and be anti-violence. This study aims to describe the management of PAI learning by internalizing the values ​​of character education based on religious moderation. This study uses a library research approach, descriptive data analysis method, collecting data, compiling, clarifying, and interpreting. The study results revealed that the internalization of religious moderation values ​​in PAI learning includes planning, implementation, control, and evaluation activities. Learning planning activities are guided by the content of the PAI curriculum at KMA 183 in 2019. Implementation activities include the application of approaches, methods, media and strategies, adaptive learning to religious moderation values, including student-centered learning approaches, problem-based learning, and contextual and cooperative learning. Learning evaluation activities are carried out by assessing cognitive, psychomotor, and affective aspects. The implication is that PAI teachers should continue to create and innovate learning by internalizing the values ​​of character education in the learning process.
Konsep Kepemimpinan Transformasional Basirun Basirun; Turimah Turimah
MindSet : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Volume 1 Nomor 1 Maret 2022
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Ma`arif Kalirejo Lampung Tengah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (776.858 KB) | DOI: 10.58561/mindset.v1i1.28

Abstract

Kepemimpinan transformasional adalah salah satu model kepemimpinan yang banyak dipilih para pemimpin dalam organisasi. Bentuk kepemimpinan tersebut memiliki beberapa arti yang berbeda-beda menurut beberapa ahli, namun pada dasarnya mengarah pada hal yang sama. Dalam kepemimpinan tersebut umumnya menekankan beberapa nilai-nilai penting pada para bawahannya untuk mencapai kepentingan organisasi. Sehingga para anggota secara khusus dapat melupakan kepentingan pribadi dan melakukan yang terbaik untuk mencapai tujuan bersama. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana konsep kepemimpinan transformasional dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan library research. Penelitian ini menjelaskan tentang konsep kepemimpinan transformasional yang meliputi gaya, ciriciri, karakteristik, prinsip, kelebihan dan kekurangannya.
Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Pada Era Digital Wiwik Helmina Dewi; Dedi Lazwardi
MindSet : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Volume 1 Nomor 1 Maret 2022
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Ma`arif Kalirejo Lampung Tengah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (760.492 KB) | DOI: 10.58561/mindset.v1i1.29

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah Untuk mengetahui gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan pada era digital di MTs Bustanul Ulum Sridadi Kecamatan Kalirejo, Kabupaten Lampung Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan mengunakan pendekatan kualitatif, Penelitian jenis ini mengandalkan manusai sebagai alat penelitian, mengarahkan sasaran penelitian pada usaha menemukan teori dari dasar, bersifat deskriptif, lebih mementingkan proses daripada hasil, memilih seperangkat kriteria untuk menulis keabsahan data, rancangan penelitian bersifat sementara dan hasil penelitian disepakati oleh peneliti dan subjek penelitian. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru. Kesimpulan pada penelitian ini adalah Gaya kepemimpinan kepala sekolah di MTs Bustanul Ulum sudah baik dalam pengendalian terhadap guru-guru dan para siswanya, berkaitan tentang gaya kepemimpinan yang dipakai kepala sekolah berupa tipe kepemimpinan demokrasi, yang dimana gaya kepemimpinan ini sifatnya yang system open management yang membuat sifat ini menjadi tepat untuk kelembagaan modern. Kualitas pendidikan era digital di MTs Bustanul Ulum Sridadi masih kurang optimal, terlihat pada keberadaan komputer yang ada tetapi pengoprasionalannya yang kurang maksimal dan banyak komputer yang terbengkalai, sarana penunjang pun masih kurang seperti halnya proyektor, jaringan WIFI yang masih kadang terganggu dan juga penerangan dalam setiap kelas masih kurang.
Implementation of School-Based Management Rian Sigit Gesang Permana; Siti Zahrotun Rodiah
MindSet : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Volume 1 Nomor 1 Maret 2022
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Ma`arif Kalirejo Lampung Tengah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (654.765 KB) | DOI: 10.58561/mindset.v1i1.30

Abstract

School-based management is an effort to increase educational creativity. The purpose of this study was to determine the process of planning, implementation, community participation, and supporting factors in the implementation of school-based management. This research use desciptive qualitative approach. Data collection methods are observation, interviews, and documentation. The subjects of this study were the principals and teachers of MTs Islamiyah Sukoharjo. The results showed that the planning process in implementing school-based management involves decisions, vision, mission and goals that are achieved by assessing the strengths, obstacles, opportunities and challenges faced by MTs Islamiyah Sukoharjo. Implementation of school-based management at MTs Islamiyah Sukoharjo by involving the School Committee, RKAM has been made, School Committee participation, and curriculum adjustments. Community participation or school committees have obligations and functions to improve the quality of education in educational units. The school committee supports, provides, motivates, and monitors teacher performance and establishes partnerships with other parties in seeking funding and extracurricular activities. Factors that support and hinder the implementation of school-based management at MTs Islamiyah Sukoharjo. School residents, student guardians, and school committees support the progress of the school. This is evidenced by the school committee who always participates in supporting school programs, and school residents and school committees are always involved in the preparation and implementation of school programs.
The Leadership Strategy Of Principal Of Madrasah About Insemination Of Socio-Culture Value In Madrasah Rohman, Miftahur; Sutisna, Ujang; Sahroni, Mahmud
MindSet : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Volume 1 Nomor 2 September 2022
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Ma`arif Kalirejo Lampung Tengah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (937.684 KB) | DOI: 10.58561/mindset.v1i2.47

Abstract

This research is inspired by the diversity of students in a number of private Madrasah Aliyah, Central Lampung. By purposive sampling, the researchers took two research locations: MAS Roudlotul Huda Padangratu and MAS Bustanul 'Ulum Jayasakti. The selection of the two locations was based on the fact that the principals of the two madrasahs could be managed well by the diversity of students. This qualitative study aims to determine the leadership role of the madrasah principal in inseminating socio-cultural values ​​in the madrasah. By using documentation, observation, and in-depth interviews with madrasah leaders and several teachers, this study concludes that socio-cultural values ​​are madrasah's efforts to improve student competence through the leadership role of the madrasah principal. Among the leadership strategies of the madrasah head are habituation strategies, exemplary strategies, value internalization strategies, policy strategies (power strategies), and persuasive communication strategies.
Supervisi Manajerial Dan Peran Supervisor Dalam Peningkatan Kualitas Akademik Dan Kelembagaan Pendidikan Islam Andriani, Dewi; Nisa, Firda; Azizah, Niswatul
MindSet : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Volume 1 Nomor 2 September 2022
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Ma`arif Kalirejo Lampung Tengah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (618.29 KB) | DOI: 10.58561/mindset.v1i2.48

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara teoritik mengenai supervisi manajerial dan supervisor agar nantinya dapat mewujudkan sekolah yang berkualitas dan sekolah yang memenuhi kebutuhan masyarakat di bidang pendidikan, maka sekolah membutuhkan sumber daya manusia yang professional, sumber daya manusia yang berkualitas yang dimiliki oleh sekolah hendaknya diberdayakan sehingga bisa memberikan kontribusi yang menguntungkan bagi terselenggaranya pendidikan yang efektif. Penelitian ini dilakukan dengan penelitian pustaka dengan menkaji dan membandingkan beberapa teori yang ada pada referensi yang ada. Dalam kegiatan supervisi akademik, supervisor memiliki peran dan fungsi meliputi peranan sebagai pembina dan pengawas. Peranan supervisor dalam hal untuk meningkatkan kualitas kelembagaan pendidikan Islam itu dititikberatkan pada hal untuk mengawasi bagian akademik dan manajerial (secara keseluruhan) di sebuah lembaga pendidikan Islam manapun. Pengertian supervisi akademik yaitu supervisi yang berfokus pada pengamatan masalah akademik yaitu yang berkaitan langsung dengan lingkungan belajar siswa pada saat proses pembelajaran. Kata kunci: Supervisi manajerial, Supervisor, Lembaga Pendidikan Islam
Pegaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah Terhadap Kompetensi Guru Dan Implikasinya Terhadap Kinerja Guru Madrasah Aliyah Se Kabupaten Lampung Tengah Mida Hayati, Rina
MindSet : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Volume 1 Nomor 2 September 2022
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Ma`arif Kalirejo Lampung Tengah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (830.64 KB) | DOI: 10.58561/mindset.v1i2.49

Abstract

This study aims to investigate the influence of leadership style variables on teacher competence and teacher performance. This research is a survey research with quantitative approach. The participants in this study amounted to 142 teachers from Madrasah Aliyah throughout Central Lampung. Data collection on teacher competence and effective learning used a 5 Likert scale questionnaire, and leadership style data used a questionnaire developed by Northouse. The data analysis technique used path analysis. The findings of this study are: 1) democratic leadership has a significant effect on teacher competence, while laissez-faire leadership has no significant effect on teacher competence; 2) there is a positive and significant influence between teacher competence (professional, pedagogic, personality and social) on teacher performance and 3) there is a positive and significant influence of democratic leadership style on teacher performance, while laissez-faire leadership style has no significant effect on teacher performance.

Page 1 of 4 | Total Record : 38