Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran berdiferensiasi dengan menggunakan media cake untuk meningkatkan student agency siswa SMA Negeri 2 Probolinggo. Pembelajaran berdiferensiasi dengan menggunakan media cake ini merupakan pembelajaran berdiferensiasi konten dan pembelajaran berdiferensiasi proses. Pada pembelajaran ini siswa diberi kebebasan untuk memilih media yang digunakan dalam proses pembelajarannya. Media cake ini merupakan dua media yang bisa digunakan dalam pembelajaran. Media cake ini adalah media permainan kreasi engklek dan Media Canva. Aktivitas belajar tentang persebaran flora dan fauna siswa kelas XI E SMAN 2 Probolinggo meningkat setelah melalui pembelajaran berdiferensiasi konten dan proses dengan menggunakan media cake. Peningkatan aktivitas tersebut disebabkan oleh adanya pengondisian dan penyesuaian pembelajaran dengan kebutuhan siswa yang berkaitan dengan topik materi persebaran flora dan fauna yang digunakan dalam pembelajaran dan kebiasaan serta gaya belajar yang dilakukan oleh siswa. Terjadinya peningkatan tersebut disebabkan oleh munculnya motivasi dan minat siswa yang dibangun melalui metode pembelajaran berdiferensiasi dan menggunakan media cake. Faktor tingginya minat dan motivasi siswa mendorong tingginya aktivitas belajar sehingga menunjang tercapainya hasil belajar yang lebih baik dan meningkatnya student agency siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024