Pada kantor imigrasi, terdapat berbagai urusan seperti pembuatan paspor biasa, penarikan, pencabutan, pembatalan, dan penggantian paspor biasa, pembuatan paspor bagi jamaah calon haji, pembuatan surat perjalanan laksana paspor, rekomendasi visa bekerja dan berlibur (work and holiday visa), serta biaya keimigrasian bagi WNI, dan lain sebagainya. Namun, dalam proses-proses tersebut, seringkali masyarakat mengajukan komplain yang belum tertangani dengan baik. Pencatatan dan penanganan komplain masih belum terorganisir dengan baik, sehingga data komplain sulit ditemukan ketika dibutuhkan. Oleh karena itu, berdasarkan penelitian, penulis berkeinginan untuk mengembangkan sistem informasi berbasis website yang dapat menangani komplain di kantor imigrasi. Sistem ini diharapkan dapat menghasilkan data komplain yang terintegrasi, efektif, dan efisien. Selain itu, sistem ini akan memfasilitasi pengakomodasian dan perekaman data komplain, sehingga penanganan dapat selesai dengan cepat. Peneliti juga berharap agar data komplain diarsipkan dengan baik, sehingga mudah ditemukan ketika dibutuhkan. Yang terakhir, laporan komplain akan dibuat sebagai acuan perbaikan prosedur di kantor imigrasi. Metode kanban digunakan dalam pengembangan sistem informasi ini. Dengan memanfaatkan metode kanban, pengelolaan komplain di kantor imigrasi dapat ditingkatkan, menciptakan sistem yang terintegrasi, efisien, dan efektif dalam menangani komplain masyarakat, serta mengelola data komplain dengan baik.
Copyrights © 2023