International Journal of Elementary School Teacher (IJEST)
Vol 3, No 2 (2023): Oktober

Improving Science Learning Outcomes Using Models Snowball Throwing Type Cooperative Learning On Class V Students Of SDN 221 Inpres Maliba Tana Toraja District

Wahyuni, Wahyuni (Unknown)
Faisal, Muhammad (Unknown)
Hermuttaqien, Bhakti Prima Findiga (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball pada siswa kelas V SDN 221 Inpres Maliba Kabupaten Tana Toraja. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini “Bagaimana meningkatkan hasil belajar IPS menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing pada siswa kelas V SDN 221 Inpres Maliba Kabupaten Tana Toraja. Instrumen pengumpulan data menggunakan dokumentasi, tes dan observasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas V yang berjumlah 24 siswa. Masing-masing siklus terdiri dari beberapa tahap yaitu; tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan, evaluasi, serta refleksi. Data hasil penelitian yang telah diolah dan dianalisis diperoleh keterangan, bahwa hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan materi Rumah Adat Di Indonesia Dan Keragaman Pakaian Adat Di Indonesia, dengan diterapkannya model pembelajaran Kooperatif tipe Snowball Throwing di kelas V SDN 221 Inpres Maliba telah mengalami peningkatan terbukti diperoleh data dari hasil  pembelajaran siklus I siswa mendapat nilai 70,8 persen. Sedangkan hasil pembelajaran siklus II siswa mendapat nilai 95,8 persen. Data tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Snowball Throwing

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

IJEST

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

International Journal of Elementary School Teacher (IJEST) is an international refereed journal in education. it publishes articles that explore the application of education of elementary school teaching and the everyday experience of education. Its scope is international in that it welcomes ...