Ciencias : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan
Vol. 7 No. 2 (2024): Juli

Pengaruh Metode Pembelajaran Picture And Picture Terhadap Berpikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Di MTs Negeri 2 Tulungagung: Indonesia

Dian Nofitasari (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran  dan pengaruh metode pembelajaran picture and picture terhadap berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di MTsN 2 Tulungagung, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis quasi experimental. Populasi penelitian ini seluruh kelas VIII MTsN 2 Tulungagung. Sampel yang diambil siswa kelas VIII J sebagai kelas eksperimen dan kelas K sebagai kelas kontrol, teknik sampel yang digunakan purposive sampling. Tknik analisis data menggunakan uji-T independent samples test dan effect size. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat tahapan untuk memulai proses pembelajaran berupa penyusunan perencanaan pembelajaran, tahap merangsang untuk menarik proses belajar, tahap proses pembelajaran berlangsung, dan terakhir tahap evaluasi. (2) terdapat pengaruh dengan perhitungan  > , sementara itu diperoleh Sig. (2-tailed) adalah 0,002. Karena nilai Sig 0.002 < 0.05 maka ditolak dan  diterima dan besar pengaruh penerapan metode pembelajaran picture and picture terhadap berpikir kreatif siswa pada mata Pelajaran IPS kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Tulungagung dan . Diperoleh d (effect size) sebesar 0.66 termasuk kedalam kriteria sedang dengan rentang 0.50 < d > 0.80.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ciencias

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Ciencias : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan ini mempublikasikan hasil-hasil penelitian yang mencakup penelitian eksperimen, penelitian tindakan, penelitian kualitatif, penelitian kuantitatif, dan penelitian pengembangan (model, media, dan evaluasi pembelajaran) yang bertujuan untuk ...