Kajian Sastra Nusantara Linggau ( KASTRAL)
Vol. 3 No. 2 (2023): Jurnal Kastral

EFEKTIVITAS BAHAN AJAR MENULIS BERBASIS PENDEKATAN PRODUK BAGI SISWA SEKOLAH DASAR

Sri Murti (Unknown)
Nyayu Masnon AR (Unknown)
Heriyanti (Unknown)
Riko Ettrada (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keefektifan bahan ajar menulis berbasis pendekatan produk siswa SD N 2 Lubukngin. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 2 Lubukngin yang berada di Desa Lubukngin Kecamatan Selangit Kabupaten Musirawas. Penelitian ini menggunakan model pengembangan R&D (research and development) untuk mengembangkan handout bahasa Indonesia. Intrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, angket, dan teknik tes. Pengembangan bahan ajar menulis berbasis pendekatan produk melalui tahapan-tahapan diantaranya, yaitu tahap menganalisis, tahap mengembangkan, tahap evaluasi dan revisi. Pengembangan bahan ajar menulis berbasis pendekatan produk model pengembangan Dick and Carey dengan 8 tahapan. Dari hasil uji keefektifan maka bahan ajar menulis berbasis pendekatan produk cukup efektif digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia, dengan persentase sebesar 56% berada pada kategori Cukup Efektif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

kastral

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal KASTRAL (Kajian Sastra Nusantara Linggau) adalah jurnal OJS memuat artikel di bidang sastra baik sastra daerah, Indonesia, maupun asing. Jurnal ini berkaitan dengan bentuk apresiasi, analisis, pengkajian dan pembelajaran di bidang sastra. Jurnal ini diperuntukkan bagi para peneliti, dosen, ...