Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keefektifan bahan ajar menulis berbasis pendekatan produk siswa SD N 2 Lubukngin. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 2 Lubukngin yang berada di Desa Lubukngin Kecamatan Selangit Kabupaten Musirawas. Penelitian ini menggunakan model pengembangan R&D (research and development) untuk mengembangkan handout bahasa Indonesia. Intrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, angket, dan teknik tes. Pengembangan bahan ajar menulis berbasis pendekatan produk melalui tahapan-tahapan diantaranya, yaitu tahap menganalisis, tahap mengembangkan, tahap evaluasi dan revisi. Pengembangan bahan ajar menulis berbasis pendekatan produk model pengembangan Dick and Carey dengan 8 tahapan. Dari hasil uji keefektifan maka bahan ajar menulis berbasis pendekatan produk cukup efektif digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia, dengan persentase sebesar 56% berada pada kategori Cukup Efektif.
Copyrights © 2023