Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model cooperative integrated reading and composition (circ) terhadap keterampilan membaca pada siswa kelas IV SD Negeri Borok Toyang Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian jenis eksperimen dengan desain one group pretest posttest design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 20 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk mengetahui keterampilan membaca siswa menggunakan model cooperative integrated reading and composition (circ). Sebelum data di analisis, instrumen di uji validitas dan reabilitasnya. Setelah data terkumpul, kemudian dilakukan analisis hasil pretest dan posttest. Untuk uji normalitas data menggunakan chi-kuadrat, sedangkan teknik uji hipotesis menggunakan analisis uji-t. Untuk hasil uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 19,663 > 1,729. Hal ini berarti bahwa hipotesis yang diterima yaitu ada pengaruh signifikan pada penggunaan model cooperative integrated reading and composition terhadap keterampilan membaca cerita anak pada siswa kelas IV SD Negeri Borok Toyang Tahun Pelajaran 2021/2022.
Copyrights © 2021