Komunikasi pendidikan dapat diartikan sebagai komunikasi yang terjadi dalam suasana pendidikan. Dengan demikian, komunikasi pendidikan adalah proses perjalanan pesan atau informasi yang merambah bidang atau peristiwa-peristiwa pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui , komunikasi interpersonal orang tua dengan motivasi belajar siswa SDN di kota Sungai Penuh. Jenis penelitian ini adalah peneliti deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Penelitianamenggunakan metode survei dengana menyebarkan kuesioner pada objek penelitian sebanyak 100 responden yangamerupakan siswa SDN (sekolah dasar negeri) di kota Sungai Penuh. Teknikapengambilan sampel yangadigunakan adalah teknik simple random sampling. Teori integrasi sosial digunakan untuk menganalisis penelitian. Analisis data yangadigunakan adalah analisisaregresi linear sederhana. Terdapat hubungan komunikasi interpersonal orang tua dengan motivasi belajar siswa, dengan hubungan sebesar 22,5%. Koefisienaregresi x sebesara0,614. Artinya, setiapapenambahan 1 nilaiakomunikasi interpersonal, maka nilai motivasi belajar bertambah sebesar 0,614.
Copyrights © 2021