JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 3 (2021): 2021

Pengaruh Ape Pistol Geometri Terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Insan Utama Pekanbaru

Simatupang, Vebry Chintya (Unknown)
Puspitasari, Enda (Unknown)
Solfiah, Yenni (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Nov 2021

Abstract

Kemampuan dalam mengenal bentuk geometri tentu sangat diperlukan bagi anak usia dini sebagai dasar dalam mengenal bentuk-bentuk geometri, mengklasifikasikan bentuk, membedakan ukuran, berpikir secara rasional serta dapat mengetahui konsep sederhana dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dari penggunaan APE Pistol Geometri terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak usia 5-6 tahun di TK Insan Utama Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif Pre-Eksperimen yang menggunakan desain One Group Oretest-Posttest Desaign. Teknik pengumpulan data yang akan dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi. Adapun populasi dan sampel penelitian ini yaitu kelas B Safa dengan jumlah 10 orang anak. Dan analisis data menggunakan analisis uji t-test dengan menggunakan program SPSS versi 23. Hasil dari penelitian thitung adalah 34,662 dan ttabel adalah 2,093, sehingga thitung > ttabel. Dengan ini menujukkan bahwa adanya pengaruh dari APE Pistol Geometri terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak usia 5-6 tahun. Dan APE Pistol Geometri ini termasuk kedalam kategori sedang terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri anak usia 5-6 tahun di TK insan utama pekanbaru dengan menggunakan rumus N-Gain dengan hasil 67, 28%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa APE Pistol Geometri dapat menjadi salah satu media pembelajaran yang berpengaruh positif dalam mengembangkan kemampuan anak dalam mengenal bentuk-bentuk geometri

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...