Model pembelajaran adalah kerangka kerja yang memberikan gambaran sistematis untuk melaksanakan pembelajaran agar membantu belajar siswa dalam tujuan tertentu yang ingin dicapai. Guru dapat memilih model pembelajaran yang sesuai dengan karakter serta kondisi dan inteltual siswa dengan tujuan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini mencobakan penerapan model discovery learning pada siswa kelas IX-2 SMPN 1 Pasir Penyu pada PTM terbatas. Persoalan yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model discovery learning pada PTM terbatas untuk mengatasi rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas IX-2 tahun pelajaran 2021/2022?. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA terlihat dari persentase kenaikan keaktifan siswa sebesar 7% dari siklus 1 ke siklus 2. b) peningkatkan persentase jumlah siswa yang KKM pada kondisi 46,9%, meningkat pada siklus 1 menjadi 78,1%, dan pada siklus 2 sudah tercapai ketuntatasan klasikal yaitu siswa tuntas mencapai 87,5%.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021