FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Vol 9, No 2 (2023): FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH TRIGONOMETRI DITINJAU DARI KECEMASAN MATEMATISNYA

Tasya, Elisya Laesya (Unknown)
Hafiz, M. (Unknown)
Musyrifah, Eva (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan dasar matematika yang penting yang harus dimiliki oleh siswa. Kemampuan berpikir kritis ini dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kecemasan matematika siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematis dalam menyelesaikan masalah trigonometri ditinjau dari kecemasan matematika siswa. Penelitian ini dilakukan di empat sekolah menengah atas atau sederajat di Kabupaten Bogor dengan melibatkan 126 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan terdiri dari 5 butir soal kemampuan berpikir kritis, angket kecemasan matematika, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan tingkat kecemasan matematika rendah memiliki kemampuan berpikir kritis yang lebih tinggi dibandingkan siswa dengan kecemasan matematika sedang, sedangkan siswa dengan kecemasan matematika sedang memiliki kemampuan berpikir kritis yang lebih tinggi dibandingkan siswa dengan kecemasan matematika tinggi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

fbc

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Fibonacci Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta adalah jurnal nasional berbasis penelitian ilmiah, secara rutin diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah ...