Kemampuan kognitif siswa sangat diperlukan oleh guru untuk mengetahui tingkat kognitif siswa yang akan diajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kognitif siswa kelas XI dan faktor apa saja yang mempengaruhi kemampuan kognitif pada materi trigonometri berdasarkan teori taksonomi bloom. Metode penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI-MIPA disalah satu SMA Negeri di Jakarta Selatan Tahun Ajaran 2021/2022 sebanyak 40 orang. Instrumen pengumpulan data yang dilakukan adalah tes berupa 6 soal uraian materi trigonometri, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik deskriptif. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah tingkat kognitif siswa kelas XI MIPA masih tergolong rendah dengan presentase rata-rata hasil tes adalah 40,25. Pencapaian hasil tes belajar tingkat kognitif siswa pada indikator C1 sebesar 80%, indikator C2 sebesar 60,6%, indikator C3 sebesar 65,6%, indikator C4 sebesar 4,4%, indikator C5 sebesar 56,3% dan indikator C6 sebesar 19,2%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor siswa mendapatkan kategori rendah, meliputi (1) kesulitan siswa dalam pembelajaran daring, (2) terlalu monotonnya guru dalam mengajar dan (3) kesulitan siswa dalam menggunakan konsep hubungan antar materi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perlu adanya peningkatan dalam proses pembelajaran matematika materi trigonometri dengan membiasakan siswa menyelesaikan masalah HOTS.
Copyrights © 2023