JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 3 (2021): 2021

Analisis Pola Kerja Sama Antara Pengawas Kepala Sekolah dan Guru dalam Pencapaian Standar Nasional Pendidikan (SNP) di Kabupaten Blora

Slamet, Slamet (Unknown)
Kusmanto, Adi (Unknown)
Karjo, Karjo (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) penerapan regulasi standara kualifikasi dan kompetensi Pengawas, Kepala Sekolah, dan Guru, (2) Pola kerja sama dan persepsi guru tentang kinerja Pengawas dan Kepala Sekolah, (3) pemberdayaan guru (eacher empowerment) SD, SMP, dan SMA Kabupaten Blora. Penelitian ini menggunakan metode survei melalui pendekatan deskriptif dan analisis statistic inferensial parametris. subyek penelitian sebanyak 186 responden menggunakan teknik cluster statified random sampling melibatkan 60 sekolah. Instrumen angket dipergunakan untuk mengumpulkan variabel standar kualifikasi dan kompetensi, Pengawas, Kepala Sekolah dan Guru, serta persepsi guru dalam bekerja sama. Data-data sekunder dipergunakan untuk verifikasi dan melengkapi data primer. Pengolahan data statistik deskriptif untuk menguraikan keberadaan variabel mandiri. Pengolahan data dengan statistik inferensial dipergunakan untuk mengetahui kamparatif dan keeratan hubungan antara ketiga variabel. FGD dilakukan untuk verifikasi data dan implikasi pemberdayaan guru. Hasil analisis : (1) Analisis deskriptif menunjukkan bahwa standar kualifikasi masih ada yang belum memenuhi kriteria indikator usia dan pendidikan. Kompetensi Pengawas, Kepala Sekolah dan Guru termasuk kategori ‘sangat tinggi’, (2) Pola kerja sama diperoleh nilai kesesuaian 0,83 (sangat tinggi) dari yang diharapkan. Pengujian hipotesis peneitian pertama analisis komparatif one way anova hasilnya F hitung > F table (296.388 > 2.9359), kedua korelasi bivariat Hasilnya ada hubungan yang positif dan signifikan (µ = 0,05) antara Pengawas dengan Guru rxy sebesar 0,423, Kepala Sekolah dengan Guru rxy sebesar 0,380, dan Pengawas dengan Kepala Sekolah rxy sebesar 0,667 (3) Pemberdayaan guru difokuskan pada bidang kapasitas SDM, pemenuhan sarpras, dan inovasi pembelajaran.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...