JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 3 (2021): 2021

Media Workbook Berbasis Contextual Teaching and Learning sebagai Media Pembelajaran Calistung pada Siswa SD

Kurniawati, Rissa Prima (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jan 2022

Abstract

Pada masa pandemi covid 19 ini, pelaksanaan belajar-mengajar menjadi kurang maksimal. Guru melaksanakan proses pembelajaran melalui whatsapp. Guru meminta siswa membaca buku teks dan memberikan pekerjaan rumah yang ada di Lembar Kerja Siswa. Sehingga situasi pembelajaran yang dilaksanakan menjadi kurang berkesan dan membuat siswa menjadi malas untuk belajar. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pengembangan media workbook berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) sebagai media pembelajaran calistung pada siswa SD. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R & D). Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN Purwosari 2, Kecamatan Kwadungan, Ngawi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Prosedur pengembangan pada penelitian ini dengan menggunakan pendekatan ADDIE meliputi Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Hasil validasi ahli materi sebanyak 90 %, hasil validasi ahli media sebanyak 90 %, dan hasil validasi ahli bahasa adalah 92 %. Adapun rata-rata hasil validasi tersebut adalah 90, 67 dengan kategori sangat valid. Hasil angket respon guru sebesar 98% dengan kriteria sangat valid. Sedangkan hasil keseluruhan angket respon siswa sebesar 97,8% dengan kriteria sangat valid. Hasil tes evaluasi siswa kelas III menunjukkan bahwa 19 siswa (95%) memperoleh nilai diatas KKM, dan 1 siswa (5%) masih memperoleh nilai dibawah KKM.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...