JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 3 (2021): 2021

Komunikasi Interpersonal Ustaz dan Santri dalam Meningkatkan Motivasi Menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Minhajus Sunnah Labuhanbatu Utara

Fitriana, Nur (Unknown)
Mailin, Mailin (Unknown)
Siregar, Taufiq Hidayat (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Komunikasi Antar Pribadi Ustaz dan Santri dalam meningkatkan Motivasi menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Minhajus Sunnah, dan motivasi apa saja yang menjadi faktor pendukung santri dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an, yang dilakukan oleh Ustaz di Pondok pesantren Minhajus Sunnah. Data diambil dari observasi langsung ke Pondok Pesantrenn Minhajus Sunnah, wawancara yang melibatkan para santri dan Ustaz Pembimbing Tahfidz sebagai informan, dan studi dokumentasi dari buku-buku dan bahan lainnya yang berkaitan dengan pokok pembahasan. Hasil dari peneltian ini menunjukkan bahwa dalam proses interaksi santri, komunikasi interpersonal ustaz dan santri dilakuka dengan beberapa bentuk seperti, bentuk interaksi dalam memberikan motiasi, bentuk saling bertukar pendapat pembibing tahfiz dan santri, bentuk konseling (membantu santri dalam pemecahan masalah yang menghambat proses kelancaran dalam menghafal Al-Qur’an,kemudian bentuk wawancara. Komunikasi Interpersonal Ustaz dan santri dalam memberikan motivasi santri menghafal Al-Qur’an akan berjalan dengan efektif jika ustaz dan santri saling beriteraksi secara berkesinambungan terus menerus, ustaz pembimbing tahfiz memberikan motivasi secara tatap muka dan bersifat terencana sehingga motivasi yang diberikan oleh ustaz pembimbing tahfiz dalam berjalan dengan maksimal dan terencana.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...