JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 3 (2021): 2021

Aplikasi Administrasi pada Les Bahasa Arab Rumah Dakwah Mulia dalam Dunia Pendidikan Islam

Julizal, Julizal (Unknown)
Yono, Sri (Unknown)
Mursito, Hardian (Unknown)
Widya Adnyani, Luh Putu (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2022

Abstract

Bahasa yang terkandung dalam Al-Qur’an merupakan Bahasa Arab. Hal ini menyebabkan Bahasa Arab identik dengan Agama Islam. Namun kini mulai banyak ditinggalkan dan digantikan dengan Bahasa Eropa, seperti Bahasa Inggris dan Perancis. Karenanya, berbagai pihak mulai menyadari dan melakukan berbagai gerakan guna mengembalikan kejayaan Bahasa Arab. Maka dari itu, dibentuklah lembaga kursus Bahasa Arab. Salah satunya lembaga kursus Bahasa Arab di kota Bekasi adalah Rumah Dakwah Mulia. Saat ini administrasi Rumah Dakwah Mulia masih mengadopsi sistem manual. Oleh karenanya, penulis berupaya memberikan solusi dengan mengembangkan dan mengaplikasikan alur kerja sistem administrasi yang mampu memproses data secara cepat dan akurat. Penulis bermaksud membuat suatu aplikasi dengan tujuan merancang sistem administrasi yang dapat digunakan dengan mudah oleh karyawan dan pemilik. Dengan menggunakan metode Waterfall maka pelaksanaannya dilakukan secara bertahap dan diharapkan sistem yang dihasilkan akan lebih baik. Dengan menggunakan metode tersebut, didapatkan hasil sebagai berikut : Aplikasi administrasi yang telah dibuat dapat mempermudah karyawan dan pemilik dalam mengelola data pada Rumah Dakwah Mulia, Sistem ini dapat mengelola dan memproses penginputan seluruh data yang ada pada Rumah Dakwah Mulia dengan cepat dan tepat, dan dapat mempermudah dalam pembuatan laporan, serta pencetakan sertifikat untuk siswa yang memenuhi standar penilaian pada Rumah Dakwah Mulia.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...