Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauhmana peranan Guru PAK dalam meningkatkan mutu pendidikan agama kristen bagi siswa kelas VII di SMP Negeri 13 Pematangsiantar. Jumlah sampel sebanyak 36 orang. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif, sedangkan analisis data yang dilakukan dalam penelitian hipotesis adalah korelasi product moment pearson dengan alat pengumpulan data adalah angket untuk variabel X (peranan Guru PAK) dan variabel Y (dalam meningkatkan mutu pendidikan). Untuk mengetahui sejauhmana peranan guru PAK dalam meningkatkan mutu pendidikan agama kristen bagi siswa kelas VII di SMP Negeri 13 Pematangsiantar digunakan uji statistik korelasi Product Moment Pearson, dan dari hasil korelasi diperoleh r = 0,61 dengan uji determinasi sebesar 37% dan untuk mengetahui signifikan tidaknya koefisien korelasi pada taraf nyata (?) = 0,05. Maka diadakan uji t dengan kriteria pengujian jika t hitung lebih besar dari t tabel ( 4,49 ) > ( 1,67) pada taraf signifikan 1-0,05 dengan dk = n-2 maka hipotesis di terima. Dengan demikianlah dapat kemukakan bahwa terdapat hubungan yang berarti antara peranan guru PAK dengan meningkatkan mutu pendidikan agama kristen bagi siswa kelas VII di SMP Negeri 13 Pematangsiantar.
Copyrights © 2022