Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pemahaman dan keterampilan perlindungan diri anak usia dini melalui media audio visual di TK IT Al-Azhar Banda Aceh. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di TK IT AI-Azhar Kota Banda Aceh, Untuk Meningkatkan Pemahaman Keterampilan Proteksi Diri Anak Usia Dini melalui Audio Visual Media. Subyek penelitian ini adalah 15 anak. Anak-anak yang dijadikan subjek penelitian khususnya anak usia 5-6 tahun di TK IT Al-Azhar kota Banda Aceh. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan unjuk kerja. Temuan penelitian ini bahwa penggunaan media audio visual untuk kegiatan pemahaman keterampilan perlindungan meningkatkan hasil pemahaman anak, yaitu pada siklus I jumlah anak yang kriteria penilaiannya belum berkembang (BB) adalah 1 anak (6.666); Mulai Berkembang (MB) sebanyak 10 anak (66.666) dan Berkembang Sesuai Harapan (BSH) sebanyak 4 anak (26.666). Pada siklus II jumlah anak yang memahami keterampilan proteksi diri meningkat yaitu kriteria penilaian Berkembang Sesuai Harapan (BSH) sebanyak 5 anak (33,333) dan Perkembangan Sangat Baik (BSB) sebanyak 10 anak (66,666) . Kerjasama dibina dengan lembaga TK. Guru kelas dan rekan kerja akan menentukan keberhasilan yang dicapai. Penelitian berdampak pada pemahaman keterampilan proteksi diri anak usia dini di TK IT Al-Azhar Banda Aceh dengan peningkatan yang sangat baik. Meningkatkan pemahaman keterampilan proteksi diri anak usia dini melalui media audio visual di TK IT Al-Azhar Banda Aceh; 1) menjelaskan sambil menunjukkan gambar bagian tubuh yang dapat disentuh dan yang tidak dapat disentuh; 2) menjelaskan orang yang boleh menyentuh bagian tubuh; 3) menonton video kartun cara melindungi diri dari orang asing; 4) melakukan wawancara atau tanya jawab dengan anak secara individu dengan ke depan berhadapan dengan peneliti; 5) memainkan peran perlindungan diri.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022