JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 1 (2022): 2022

Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Berdasarkan Taksonomi Barret pada Siswa Kelas 4 SDN Karangharja 2

Nisa, Siti Zahrotun (Unknown)
Enawar, Enawar (Unknown)
Latifah, Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2022

Abstract

Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan kemampuan membaca pemahaman berdasarkan Taksonomi Barret pada siswa kelas 4 SDN Karangharja 2. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif, sedangkan pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen tes untuk mengukur kemampuan pemahaman membaca dengan menggunakan indikator Taksonomi Barret. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 4 tahun pembelajaran 2021/2022 dengan jumlah siswa yang dianalisis sebanyak 23 siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah kemampuan membaca pemahaman berdasarkan Taksonomi Barret. Sebelum melakukan pengambilan data kepada siswa, instrumen sudah diuji validitas dan reabilitas nya oleh dosen ahli. Hasil yang diperoleh pada tes kemampuan membaca pemahaman Taksonomi Barret ialah pada pemahaman literal 65,21%, pemahaman reorganisasi 43,47%, pemahaman inferensial 69,56%, pemahaman evaluasi 69,56% dan pemahaman apresiasi 73,91%. Adapun faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca pemahaman ialah faktor intelektual, faktor lingkungan dan faktor psikologis.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...