JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 1 (2022): 2022

Pengaruh Pendekatan Whole Language terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 2 SDN Larangan 11

Aditya, Amiratul Muzeeb (Unknown)
latifah, Nur (Unknown)
Mawardi, Mawardi (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan whole language terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas 2 SDN Larangan 11 Kota Tangerang tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah eksperimen berbentuk Quasi Eksperimental Design jenis Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Penelitian dilakukan di kelas 2 SDN Larangan 11, Kelas 2B sebagai kelompok eksperimen dan kelas 2A sebagai kelompok kontrol yang masing-masing berjumlah 25 siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji prasyarat berupa uji normalitas dan homogenitas serta uji hipotesis menggunakan uji-t (t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan pendekatan whole language terhadap keterampilan membaca permulaan siswa kelas 2 SDN Larangan 11. Hal ini dibuktikan dari hasil uji-t (t-test) dengan taraf signifikansi 5% diperoleh t hitung = 3,158 > tabel = 2,01063. Kemampuan berpikir kritis siswa yang diperoleh kelompok eksperimen lebih tinggi dari pada kelompok kontrol, ditunjukkan dari mean kelompok kontrol= 58,8 dan mean yang diperoleh kelompok eksperimen = 65,8.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...