JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022

Penerapan Usability Testing dalam Mengukur Keefektifan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran IMK

Mashuri, Chamdan (Unknown)
Vitadiar, Tanhela Zein (Unknown)
Permadi, Ginanjar Setyo (Unknown)
Mujianto, Ahmad Heru (Unknown)
Yudistira Putra, Rocky Ardiansyah (Unknown)
Putri, Unzilla Savika (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 May 2022

Abstract

Dampak pandemi covid-19 membuat pemerintah Indonesia berupaya dalam mencegah penyebarannya. Dengan menerapkan social distancing merupakan pilihan dalam mencegah penularan covid-19. Namun, hal ini memberatkan masyarakat karena memberikan pengaruh pada semua sektor, terutama pendidikan. Pada perguruan tinggi Universitas Hasyim Asy’ari, pembelajaran tetap dilaksanakan meskipun kondisi pandemi. Penerapan media pembelajaran dijadikan solusi perkuliahan tetap berjalan. Media pembelajaran yang dipakai sebagai pembelajaran online adalah Google Classroom. Tujuan penelitian adalah mengukur tingkat keefektifan Google Classroom dalam pembelajaran IMK. Proses evaluasi dilakukan menggunakan Usability Testing. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner. Proses analisis menggunakan Mean. Hasil penelitian menunjukkan penilaian Usability Testing diperoleh sebesar 67,80% dengan kategori baik, sehingga pengguna menilai Google Classroom efektif dipakai sebagai media pembelajaran IMK.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...