JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022

Manajemen Pemasaran Pendidikan di MTs Al-Ikhlas

Pratama, Yoga Anjas (Unknown)
Widiawati, Wilda (Unknown)
Hendra, Ritman (Unknown)
Mediwinata, Ahmad Fadil (Unknown)
Alfiyanto, Afif (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang manajemen pemasaran pendidikan yang dilakukan oleh MTs Al-Ikhlas, serta faktor yang mempengaruhinya. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan kunci dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, dan informan pendukungnya adalah tenaga pendidik, tenaga kependidikan, siswa dan masyarakat sekitar sekolah MTs Al-Ikhlas. Hasil peneltian ini menujukan bahwa MTs Al-Ikhlas telah menerapkan manajemen pemasaran pendidikan yang cukup baik, yaitu 1) beberapa program dan pelayanan yang ditawarkan dapat menarik minat masyarakat; 2) kegiatan promosi yang dilakukan sekolah cukup baik dan dibentuk tim khusus untuk mempromosikan pendidikan; dan 3) Kegiatan promosi yang dilakukan sekolah yaitu memasang spanduk, menyebar brosur, memasang iklan dan sosialisai ke sekolahan lain. Faktor pendukung pemasaran pendidikan, yaitu 1) memiliki biaya yang terjangkau; 2) kualitas tenaga pendidik dan kependidikan yang baik; dan 3) Lokasi yang strategis. Faktor penghambatnya, yaitu 1) ketatnya persaingan; dan 2) kurangnya dana untuk promosi pendidikan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...