Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang manajemen pemasaran pendidikan yang dilakukan oleh MTs Al-Ikhlas, serta faktor yang mempengaruhinya. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan kunci dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, dan informan pendukungnya adalah tenaga pendidik, tenaga kependidikan, siswa dan masyarakat sekitar sekolah MTs Al-Ikhlas. Hasil peneltian ini menujukan bahwa MTs Al-Ikhlas telah menerapkan manajemen pemasaran pendidikan yang cukup baik, yaitu 1) beberapa program dan pelayanan yang ditawarkan dapat menarik minat masyarakat; 2) kegiatan promosi yang dilakukan sekolah cukup baik dan dibentuk tim khusus untuk mempromosikan pendidikan; dan 3) Kegiatan promosi yang dilakukan sekolah yaitu memasang spanduk, menyebar brosur, memasang iklan dan sosialisai ke sekolahan lain. Faktor pendukung pemasaran pendidikan, yaitu 1) memiliki biaya yang terjangkau; 2) kualitas tenaga pendidik dan kependidikan yang baik; dan 3) Lokasi yang strategis. Faktor penghambatnya, yaitu 1) ketatnya persaingan; dan 2) kurangnya dana untuk promosi pendidikan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022