JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022

Peranan Guru dalam Mengatasi Sifat Pemalu Anak dengan Bermain Sosial (Studi Kasus Pada Anak di PAUD Ummul Qur’an Tembilahan)

Rifa, Novela (Unknown)
Suryana, Dadan (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peranan guru dalam mengatasi anak pemalu. Studi ini menggunakan deskriptif pendekatan studi kasus secara kualitatif, penelitian yang dilakukan intensif, dalam dan mencoba untuk mendapatkan informasi yang selengkap mungkin tentang peranan guru dalam mengatasi anak yang pemalu. Tujuan penelitian tersebut adalah (1) untuk meningkatkan perkembangan sosial anak melalui metode bermain secara sosial, (2) untuk mengetahui hasil perkembangan sosial anak melalui metode bermain secara sosial. Teknik pengumpulan data menggunakan beberapa teknik yakni wawancara guru, observasi anak, wawancara anak, penilaian proses, catatan lapangan dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dideskripsikan pada hasil penelitian serta direfleksikan untuk merencanakan pembelajaran selanjutnya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (l) meningkatkannya perkembangan sosial anak melalui metode bermain secara sosial, (2) hasil perkembangan sosial anak meningkat setelah diterapkannya metode bermain secara sosial, terdapat 3 siklus permainan yang dimainkan yaitu Galasin, Tam Tam Buku serta permainan kucing dan tikus. Hasil dari permainan pertama anak masih malu-malu di peroleh data anak tidak bersemangat mengikuti permainan, permainan kedua anak mulai bersemangat dan mengikuti permainan dengan baik, sudah ada komunikasi antar teman dan kerjasama antar teman, permainan ketiga sudah aktif mengikuti permainan dan sudah percaya diri sehingga anak mampu memenangkan permainan tersebut. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa peranan guru dalam memilih metode pembelajaran dengan menggunakan metode bermain secara sosial dapat meningkatkan perkembangan sosial anak. Diharapkan semua pihak sadar pentingnya pencapaian perkembangan sosial pada anak, karena dengan optimalnya perkembangan sosial pada anak, maka aspek perkembangan lainnya pun berkembang secara optimal.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...