JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SD

Mutiah, Annisa (Unknown)
Desyandri, Desyandri (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 May 2022

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih kurang tersedianya media pembelajaran pada tematik terpadu yang berbasis IT. Guru cenderung menggunakan media pembelajaran yang terbuat dari kertas yang kemudian menjadi pajangan di ruang kelas. Media pembelajaran berbasis Powerpoint ini dibuat semenarik mungkin dengan adanya gambar, video serta desain yang menarik dengan tujuan agar peserta didik termotivasi dan menarik minat peserta didik dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Powerpoint pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SD tema 8 subtema 2 pada pembelajaran 3, 4, dan 5 yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri dari 5 langkah dalam pengembangannya, yaitu analisis, perancangan, pengembangan, penerapan dan evaluasi. Pengumpulan data menggunakan lembar validasi yang diisi oleh ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media dan praktikalitas yang diisi oleh guru dan peserta didik. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah 24 orang peserta didik di Kelas IV SD Negeri 15 Muaro takung. Subjek Penyebaran media pembelajaran ini terdiri dari 26 orang peserta didik di kelas IV SD Negeri 14 Kamang Baru. Hasil penelitian menunjukkan tingkat validitas 91% untuk materi, 90,62% untuk bahasa dan 91,9% untuk media dengan kategori valid. Tingkat kepraktisan media menunjukkan kategori sangat praktis dengan hasil angket respon guru memperoleh kepraktisan 91,66%. Sedangkan hasil angket respon peserta didik dengan presentase kepraktisan 94,79%. Selanjutnya hasil angket respon guru dan peserta didik di SD Negeri 14 Kamang Baru menujukkan 95,83% hasil presentase respon guru dan 95,99% hasil respon peserta didik dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil data tersebut, PowerPoint pada pembelajaran tematik di sekolah dapat digunkaan dilapangan karena sudah dinyatakan valid dan praktis.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...