Media pembelajaran interaktif menggunakan aplikasi canva dapat digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran kerja bengkel dan gambar teknik menggunakan aplikasi canva yang valid dan praktis. Output dari pembuatan media ini berupa link yang dapat dibagikan kepada peserta didik melalui smartphone. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D), dengan model pengembangan 4D (define, design, developement, disseminate). Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket validitas dan angket praktikalitas. Berdasarkan hasil uji validasi oleh ahli media dan materi didapatkan nilai rata-rata 88% dengan kategori sangat valid oleh ahli media dan didapatkan rata-rata 92% dari ahli materi dengan kategori sangat valid. Hasil uji pengguna yang dilakukan oleh peserta didik memperoleh hasil 90,92% dengan kategori sangat praktis, disimpulkan media ini sangat layak digunakan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022