Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan mahasiswa BIPA dalam belajar mengajarkan BIPA kepada pemelajar asing. Kebutuhan mahasiswa berupa bahan belajar BIPA. Bahan belajar yang digunakan terbatas bahan yang diterbitkan oleh kemendikbud. Seharusnya sumber belajar dalam pembelajaran BIPA ditambahkan lagi. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan hasil pengembangan modul pembelajaran BIPA 1 materi pekerjaan berbasis pendekatan komunikatif yang valid dari segi aspek kelayakan isi, penyajian, bahasa dan keterbacaan, dan kegrafikaan. Teori dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, pengertian, sejarah perkembangan, tingkatan pembelajaran, karakteristik Pengajaran, dan tujuan pembelajaran BIPA. Kedua, pengertian, fungsi dan tujuan, unsur-unsur, struktur penulisan, kegrafikan modul pembelajaran. Ketiga, hakikat, sejarah munculnya, ciri-ciri, aspek, dan prosedur pendekatan komunikatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan metode research and development (R&D). Penelitian ini difokuskan kepada validitas modul pembelajaran BIPA 1 materi pekerjaan berbasis pendekatan komunikatif yang diujikan di kelas BIPA universitas PGRI Sumatera Barat dengan hasil analisis instrumen validasi yaitu sebesar 73,30% dengan kategori valid
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022