Membaca merupakan proses yang dilakukan dan digunakan oleh seseorang untuk memperoleh pesan yang hendak disampaikan penulis melalui media kata-kata atau bahasa tulis. Untuk mencapai keberhasilan membaca yang baik, salah satunya adalah dengaan adanya minat, sebab tanpa minat segala sesuatu yang akan dilakukan akan kurang efesien dan efektif, untuk menumbuhkan minat tersebut pemerintah mengadakan Gerakan Literasi Sekolah, salah satu nya yaitu menciptakan pojok baca. Peran pihak sekolah seperti, kepala sekolah dan guru sangatlah dibutuhkan sebagai pembimbing peserta didik di pojok baca untuk mengetgahui dan memahami pentingnya membaca buku, sehingga peserta didik gemar membaca. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan upaya guru dalam pemanfaatan pojok baca untu menumbuhkan minat baca siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SD. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dengan pendekatan yang digunakan yaitu studi lapangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SDN Semanan 04 Pagi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pada pembelajaran Bahasa Indonesia pojok dimanfaatkan sebagai media pembelajaran untuk menumbuhkan minat baca siswa. Dengan adanya pojok baca siswa semakin semangat dalam membaca khususnya pada pembelajaran Bahasa Indonesia.
Copyrights © 2022