Media merupakan salah satu faktor penting dalam kegiatan pembelajaran. Media Pembelajaran menjadi perantara antara pendidik dan peserta didik dalam penyampaian materi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menitikberatkan pada perbaikan praktik pembelajaran yang kurang efektif dengan menerapkan Media Video Tutorial pada materi pokok Desain Grafis Dasar. Penelitian ini dilakukan di SMKN 2 Makassar dengan jumlah siswa 34 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dan tes hasil belajar siswa. Berdasarkan indikator yang telah ditentukan bahwa keaktifan siswa dalam proses pembelajaran dikatakan baik apabila prosentase reliabilitas yang dicapai adalah 75%, dalam penelitian ini dari siklus I ke siklus II meningkat dan berhasil mencapai 85,62%. pada siklus II. Sehingga penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media video tutorial efektif digunakan untuk meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar siswa, memudahkan guru dalam mengajarkan materi dan memudahkan siswa dalam memahami materi.
Copyrights © 2022