Kontribusi UMKM terhasdsap PDB Nasional sangat besar melebihi perusahaan besar, sehingga UMKM menjadi salah satu ujung tombak perekonomian Indonesia khususnya dan masyarakat pada umumnya. Dalam realitas di lapangan banyak UMKM yang mengalami permasalahan dalam pemasarannya, sehingga perlu ada bantuan dari beberapa pemangku ekonomi untuk dijadikan sebagai sumber perekonomian. Kelemahan UMKM adalah kurangnya akses informasi, khususnya informasi pasar dan pemasaran terhasdap produk yang dihasilkan . Tujuan penelitian adalah melakukan pengkajian tentang periklanan di internet, pemasaran melalui medsos terhadap pemprosesn informasi terhadap keputusan pembelian, sebagai salah satu tolak ukur dari perkembangan dan keberhasilan UMKM. Penulisan ini menggunakan analisis model persamaan struktural (structural equestion metode). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah variabel Program Periklanan berpengaruh terhadap variabel Pemrosesan Infomasi. Variabel Medsos berpengaruh terhadap variabel Keputusan Pembelian konsumen, demikian juga variabel Pemrosesan Informasi. Variabel Pemrosesan Informasi sebagai variabel moderasi memperkuat Keputusan Pembelian Konsumen, sehingga dengan memberikan informasi yang terbaik dan terhimpun dalam benak konsumen bisa meningkatkan penjualan produk UMKM. Maka berdasarkan hasil perhitungan dengan SEM atau AMOS diperoleh analisis jalur yaitu Program Periklanan-Pemrosesan Informasi-Keputusan Pembelian, sehingga bisa diambil kesimpulan bahwa faktor pemrosesan informasi sangatlah penting untuk mendorong konsumen melakukan tindakan pembelian.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022