JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Pengembangan Bahan Ajar Keterampilan Menulis di Perguruan Tinggi Berbasis REACT

Zuve, Farel Olva (Unknown)
Ananda, Refisa (Unknown)
Fadil, As-syifa Rumaisyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 May 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendesain model bahan ajar keterampilan menulis menggunakan model pembelajaran REACT. Penelitian dan pengembangan ini terdapat 10 tahapan dari model Dick & Carey yang dibatasi menjadi 8 tahapan. Data hasil wawancara dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif. Nilai angket dan hasil tugas digunakan untuk menentukan data kuantitatif. Uji coba prototipe dan uji coba kelompok kecil menunjukkan model bahan ajar keterampilan menulis sudah praktis. Berdasarkan uji coba kelompok besar terdapat 5 siswa yang tidak tuntas dari 28 siswa, sedangkan angket yang diberikan kepada kelompok besar menunjukan hasil sangat positif. Validitas instrumen dikategorikan sangat tinggi dengan persentase 0,99. thitung ? ttabel (43,659 ? 2,052) berarti terdapat hubungan positif yang signifikan antara model bahan ajar yang dikembangkan dengan hasil belajar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...