Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui miskonsepsi buku teks biologi kurikulum 2013 kelas X di MAN Tanjung Pura, Kabupaten Langkat. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan menganalisis konsep buku dalam buku teks biologi kelas X materi virus lima kategori miskonsepsi menurut hersey, yaitu: Misidentifications, Oversimplifications, Overgeneralizalizations, Undergeneralizations dan Obsolete Concept and terms. Hasil dari penelitian ini menunjukkan, miskonsepsi yang terdapat pada buku teks biologi kurikulum 2013 pada materi virus adalah buku A dan B merupakan buku dengan yang memiliki miskonsepsi jenis misidentifications. Buku A memiliki 1 misidentifications dengan persentase yaitu 11,1%, sedangkan buku B memiliki 2 buah dengan presentasenya 28,6%. Sedangkan dalam tabel overgeneralization pada buku A memiliki 2 buah dengan presentase 22,2% sedangkan pada buku B overgeneralization tidak ditemukan. Miskonsepsi jenis oversimplications Buku A memiliki 4 oversimplications dengan persentase 44,5% sedangkan buku B memiliki 4 buah dengan presentasenya 57,1%. Miskonsepsi jenis undergenerlizations. Buku A memiliki 2 undergenerlizations dengan presentase 22,2%, sedangkan buku B undergenerlizations tidak ditemukan. Kategori Obsolute and terms concepts pada buku A memiliki miskonsepsi jenis Obsolute and terms concepts buku A tidak ditemukan, sedangkan buku B memiliki 1 buah dengan persentasenya 14,3%.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023