Penelitian ini bertujuan untuk menentukan jenis kesalahan mahasiswa yang sering ditemukan dalam menyelesaikan suatu masalah matematika berdasarkan Prosedur Polya. Masalah matematika yang diujikan ialah materi kalkulus diferensial. Penelitian dilakukan berdasarkan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian, yaitu mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP Universitas Kristen Tentena. Analisis data yang dilakukan, yaitu pertama, memeriksa jawaban mahasiswa, kedua, mengidentifikasi jenis kesalahan mahasiswa pada setiap soal, dan ketiga, menghitung persentase kesalahan mahasiswa. Dari hasil penelitian diperoleh persentase kesalahan mahasiswa berdasarkan Prosedur Polya, yaitu 1) Kesalahan memahami masalah 58,34%; 2) Kesalahan menyusun rencana 50,00%; 3) Kesalahan melaksanakan rencana 58,34%; dan 4) Kesalahan memeriksa kembali proses dan hasil 83,33%.
Copyrights © 2023