JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Strategi Guru dalam Mencegah Perundungan di Sekolah (School Bullying) pada Peserta Didik di SMA Hang Tuah 5 Sidoarjo

Kusprapto, Anggun Elvira Kusuma Wardhani (Unknown)
Setyowati, Rr. Nanik (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang dilakukan oleh Guru dalam mencegah perundungan di sekolah pada peserta didik di SMA Hang Tuah 5 Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain penelitian studi kasus Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perundungan di sekolah ini sangat jauh berkurang. Strategi guru dalam mencegah perundungan di sekolah pada peserta didik di SMA Hang Tuah 5 Sidoarjo yakni: 1) mendampingi agen anti perundungan, 2) memberikan sosialisasi-sosialisasi mengenai anti perundungan, 3) pemberian pujian dan nilai sikap sosial, 4) pemberian teguran, dan 5) pemberian poin di students guide’s book. Hambatan-hambatan guru dalam menerapkan strategi, yaitu tidak semua peserta didik sadar dan setuju adanya sekolah anti perundungan dan pengawasan peserta didik di luar sekolah. Solusi mengatasi hambatan guru dalam menerapkan strategi yakni: 1) sosialisasi ketika parenting, 2) penguatan terhadap organisasi di sekolah, dan 3) sinergi semua warga sekolah untuk mencegah bullying.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...