Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang dilakukan oleh Guru dalam mencegah perundungan di sekolah pada peserta didik di SMA Hang Tuah 5 Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain penelitian studi kasus Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perundungan di sekolah ini sangat jauh berkurang. Strategi guru dalam mencegah perundungan di sekolah pada peserta didik di SMA Hang Tuah 5 Sidoarjo yakni: 1) mendampingi agen anti perundungan, 2) memberikan sosialisasi-sosialisasi mengenai anti perundungan, 3) pemberian pujian dan nilai sikap sosial, 4) pemberian teguran, dan 5) pemberian poin di students guideās book. Hambatan-hambatan guru dalam menerapkan strategi, yaitu tidak semua peserta didik sadar dan setuju adanya sekolah anti perundungan dan pengawasan peserta didik di luar sekolah. Solusi mengatasi hambatan guru dalam menerapkan strategi yakni: 1) sosialisasi ketika parenting, 2) penguatan terhadap organisasi di sekolah, dan 3) sinergi semua warga sekolah untuk mencegah bullying.
Copyrights © 2023