JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 3 (2023): Desember 2023

Penggunaan Metode SAS (Struktural Analisis Sintetik) dengan Berbantuan Media Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas II SD Negeri 19 Asam Jawa

Alvi, Alvi (Unknown)
Basri, Amin (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas II SD Negeri 19 Asam Jawa Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2022/2023 dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri 19 Asam Jawa yang berjumlah 26 siswa yang terdiri 14 perempuan dan 12 laki-laki. Instrumen penelitian berupa perfomance tes dan lembar observasi. Teknik analisis data yang dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia di kelas II SD Negeri 19 Asam Jawa. Hasil kemampuan membaca sebelum diterapkan metode SAS (Struktural Analisis Sintetik) dengan berbantuan media kartu huruf terdapat 6 siswa yang tuntas dengan persentase ketuntasan (23,07%) dan siswa yang tidak tuntas 20 siswa dengan persentase ketuntasan (76,93 %). Hasil ini belum memenuhi KKM yaitu 70. Pada siklus I terdapat 8 siswa yang tuntas dengan persentase ketuntasan (30,76%), dan siswa yang tidak tuntas 18 siswa dengan persentase ketuntasan (69,23%), berarti ada peningkatan tindakan di siklus I sebanyak 2 siswa, sedangkan siklus II hasilnya mengalami peningkatan lagi yaitu meningkat terdapat 23 siswa yang tuntas dengan persentase ketuntasan (88,46%), dan siswa yang tidak tuntas 3 siswa dengan persentase (11,53 %). Dengan demikian ada peningkatan persentase dari siklus I ke siklus II sebanyak 15 siswa. Selain itu keaktifan siswa dalam mengikuti pelajaran juga meningkat. Hal ini ditandai dengan meningkatnya keaktifan siswa dalam bertanya, menjawab pertanyaan dan mengemukakan pendapat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...