JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 3 (2023): Desember 2023

The Influence of Sosial Support and Learning Technology on Economic Learning Motivation In Generasi Z With Self-Efficacy As An Intervening Variabel

Qinanty, Arum (Unknown)
Wibowo, Agus (Unknown)
Pratama, Aditya (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dukungan sosial dan teknologi pembelajaran terhadap motivasi belajar ekonomi, serta menguji peran efikasi diri sebagai variabel intervening. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari sampel sebanyak 165 orang di SMAN 79 Jakarta. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan metode analisis SEM-PLS. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif antara dukungan sosial terhadap self-eficacy (r=0.242, p-value=0.020), terdapat pengaruh positif dan signifikan antara teknologi pembelajaran terhadap self-eficacy (r=0.514, p-value=0.000), terdapat pengaruh positif dan signifikan antara dukungan sosial dan motivasi belajar dengan efisiensi diri sebagai variabel intervening (r= 0.119, p-value = 0.026), terdapat pengaruh positif dan signifikan antara teknologi pembelajaran dan motivasi belajar dengan efisiensi diri sebagai variabel intervening (r= 0.253, p-value=0.000), terdapat pengaruh namun tidak signifikan dukungan sosial terhadap motivasi belajar ekonomi (r=0.054, p-value=0.544) dan terdapat pengaruh pengaruh positif dan signifikan pembelajaran teknologi terhadap motivasi belajar (r=0,276, p-value = 0,003).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...