Pelajaran Kimia seperti Redoks masih sangat sulit dipahami peserta didik, itulah sebabnya guru tidak henti-hentinya mencari metode, strategi atau model pada pembelajarannya agar peserta didik mudah mempelajari dan mengingatnya. Sama halnya pada penelitian ini, dilakukan pemberian tes awal materi redoks sebelum pembelajaran menggunakan aplikasi Kahoot!. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu untuk mengetahui pengaruh kuis di awal pembelajaran tersetting Kahoot! pada model STAD terhadap hasil belajar peserta didik. Metode Penelitian adalah quasy experiment dengan pendekatan kuantitatif dan desain posttest-only control group. Populasinya empat kelas berjumlah 172 orang. Sampel untuk kelas eksperimen adalah kelas X MIPA 2 yang berjumlah 29 orang dan kelas kontrol adalah X MIPA 3 yang berjumlah 31 orang. Teknik pengumpulan data hasil belajar menggunakan tes pilihan ganda yang dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasilnya sebesar 79,43 untuk kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebesar 68,04. Hasil analisis Inferensial menunjukkan Zhitung>Ztabel = 2,23>1,64 yang berarti ada pengaruh kuis di awal pembelajaran tersetting Kahoot! Pada model STAD terhadap hasil belajar peserta didik kelas X MIPA di SMAN 1 Tapalang Mamuju.
Copyrights © 2023