Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Pemberian Tugas Mind Mapping pada Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Struktur Atom Peserta Didik Kelas X MIA SMA Negeri 5 Luwu Timut. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi ekperimen dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan desain posttest-only control group design. Populasi penelitian adalah seluruh kelas X MIA SMA Negeri 5 Luwu Timur dengan jumlah 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Sampel penelitian adalah kelas X MIA 1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X MIA 2 sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda untuk memperoleh data hasil belajar. Analisis data dilakukan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif diperoleh rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen 79,26 lebih tinggi dari kelompok kontrol yaitu 76,50. Hasil analisis statistik inferensial terhadap hasil belajar peserta didik menunjukkan bahwa data kelompok eskperimen dan kelompok kontrol berasal dari populasi yang homogen tetapi tidak terdistribusi normal sehingga uji hipotesis yang digunakan adalah uji Mann-Whitney. Data hasil analisis memperlihatkan bahwa Zhitung (1,67) > Ztabel. (1,64). Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pemberian tugas Mind Mapping pada model Discovery Learning terhadap hasil belajar struktur atom peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 5 Luwu Timur.
Copyrights © 2023