Sesuai perolehan capaian hasil pengamatan yang dilaksanakan, penelitian ini membahas tentang membaca permulaan di TK Negeri Pembina 2 Lubuk Nagodang Kabupaten Kerinci. Penelitian ini berfokus pada pelaksanaan kegiatan literasi membaca permulaan anak usia 5-6 tahun. Penelitian mempunyai tujuan teruntuk mendeskripsikan bagaimana proses pelaksanaan kegiatan literasi membaca permulaan di TK Negeri Pembina 2 Lubuk Nagodang Kabupaten Kerinci. Pengumpulan data melibatkan observasi, wawancara, serta dokumentasi sebagai metode utama. Selanjutnya, analisis data dilakukan melalui pengumpulan data, pengurangan data, penyajian data, dan pencapaian kesimpulan. Untuk memastikan keabsahan data, kita mempergunakan teknik triangulasi sumber data. Perolehan capaian penelitian menunjukkan yakni pelaksanaan kegiatan literasi membaca anak usia 5-6 tahun mampu dilakukan mempergunakan strategi, metode dan media pembelajaran sebagai penunjang proses belajar mengajar pada kegiatan literasi membaca permulaan. Peneliti menemukan bahwa terdapat keunikan dari strategi yang diterapkan yaitu dengan mengadakan kegiatan extra school untuk kelas membaca yang dilakukan dua kali seminggu.
Copyrights © 2023