Chemedu: Jurnal Ilmiah Pendidikan Kimia
Vol 4, No 3 (2023)

Peningkatan Kemampuan Kognitif Elektrokimia dengan Blended Learning Literasi Digital model Project Based Learning

Fitriana, Nurin (Unknown)
Ikawati, Any (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur keefektifan metode Blended Learning Literacy Digital (BLLD) dengan model pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada bidang elektrokimia. Subyek penelitian adalah 30 mahasiswa yang mempelajari mata kuliah teknik kimia di fakultas teknik Universitas Wisnuwardhana Malang. Rancangan penelitian adalah versi kuasi-eksperimental dari pre-tes kelompok. Alat tersebut menggunakan tes dan tanpa tes. Alat uji dianalisis dengan uji normalitas teknik Kolmogorov-Smirnov, uji linear Anova dan uji korelasi dengan program SPSS 26. Instrumen nontest dengan kuesioner menggunakan skala Likert yang dianalisis untuk menghitung frekuensi dan TCR. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji normalitas sebesar 0,180 memiliki hubungan linier dengan nilai p (0,428) > 0,05 yang menunjukkan bahwa kemampuan kognitif siswa mengalami peningkatan yang didukung oleh nilai tersebut Nilai uji korelasi sebesar 0,382 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,037. Analisis hasil lembar perlakuan menunjukkan frekuensi rata-rata 4,52 dan TCR 83,64 menunjukkan bahwa efek perlakuan metode ini sangat baik. Strategi Blended Learning Digital Literacy (BLLD) sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa terhadap materi elektrokimia.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ChemEdu

Publisher

Subject

Chemistry Education Other

Description

Jurnal Chemedu merupakan wadah untuk bertukar informasi ilmiah mengenai ilmu pendidikan kimia yang meliputi perkembangan teori, media dan metode pembelajaran dari hasil penelitian, telaah pustaka, opini, makalah teknis dan kajian ...