Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang ditemukan di kelas VII SMPN 02 Talamau. Berdasarkan observasi, diketahui bahwa pemahaman konsep matematis siswa kelas VII masih tergolong rendah yaitu berkisar 55% sampai 64%. Diduga penyebabnya adalah penggunaan model pembelajaran yang masih monoton sehingga menyebabkan siswa menjadi kurang aktif selama mengikuti pembelajaran. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran flipped classroom. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh signifikan model model pembelajaran flipped classroom terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMPN 02 Talamau Kabupaten Pasaman Barat TA 2022/2023. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran flipped classroom terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen dengan rancangan penelitian posstest-only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 02 Talamau Kabupaten Pasaman Barat TA 2022/2023. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Data penelitian diperoleh dari tes pemahaman konsep matematis siswa. Teknik analisis data menggunakan uji-t dan software SPSS. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh = 2,669 dan = 1,68 diperoleh harga > dan uji software SPSS 0,011 < 0,05 sehingga ditolak dan diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran flipped classroom terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMPN 02 Talamau Kabupaten Pasaman Barat TA 2022/2023.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023