JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 3 (2023): Desember 2023

Konflik Tokoh Utama dalam Novel “Bulan Nararya” Karya Sinta Yudisia

Yanti, Novi (Unknown)
Neni, Susan (Unknown)
Yanti, Lili (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Nov 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mencari tahu konflik internal dan eksternal tokoh utama dalam novel Bulan Nararya karya Sinta Yudisia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan bentuk penelitian kualitatif, sedangkan alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar dokumen dan kartu data. Data yang terkumpul lebih dahulu dianalisis dengan cara identifikasi data, klasifikasi, analisis, dan kesimpulan. Dari hasil alat pengumpul data, maka peneliti menyimpulkan bahwa: 1) Konflik internal dapat diketahui dari sifat tokoh utama pada novel Bulan Nararya karya Sinta Yudisia yang bernama Rara mempunyai sifat gugup, tidak percaya diri, sedih, emosi, jujur, egois, cemburu, kecewa, frustasi, dan takut yang timbul dari dirinya sendiri akibat dari permasalahan yang dihadapinya. 2) Konflik eksternal diketahui bahwa terjadi konflik eksternal tokoh utama pada novel Bulan Nararya karya Sinta Yudisia yang bernama Rara tentang perselisahan dan pertengkaran. 3) Implementasi konflik tokoh utama dalam novel Bulan Nararya karya Sinta Yudisia terhadap pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia berjalan dengan baik sesuai sesuai dengan KI dan Kompetensi Dasar (KD) 4.12 Menyajikan tanggapan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel,karya seni daerah, dll.) dalam bentuk teks ulasan secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, atau aspek lisan. Tujuan pembelajaran sastra di sekolah yaitu menyajikan tanggapan tentang kualitas karya novel dalam bentuk teks ulasan secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, atau aspek lisan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...